Selasa, 16 Maret 2010

RESUME PERKULIAHAN PERTEMUAN KE-3

Resume Manajemen Keuangan
Tgl 11 Maret 2010
Studi Kelayakan
Studi Kelayakan adalah suatu proses pengamatan dan analisis yang dilakukan secara komprehensif yang meliputi kegiatan manajerial dan kegiatan eksternal dalam upaya membangun sebuah usaha.
Studi kelayakan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Pengamatan dan analisis dilakukan secara komprehensif yang didalamnya terdapat fungsi yang berupa POAC dan elemen yang berupa kesiswaan, pemasaran, marketing, guru, dll dari manajerial dan kegiatan eksternal berupa ancaman dan peluang.
2. Riset, yaitu proses metode ilmiah yang didalamnya terdapat metodologi dan validitas yang ilmiah. Studikelayakan harus menggunakan metode ilmiah.
Tahapan dalam pembuatan studi kelayakan :
1. Penemuan Ide
2. Penelitian
3. Evaluasi
4. Pembuatan studi kelayakan dengan sistematis
5. Master Plan dan Time Schedule
Mengapa kita perlu melakukan studi kelayakan? Terdapat 5 alasannya, yaitu :
1. Planning , yang didalamnya terdapat:
• Visi, Misi, dan Target
• Analisis SWOT, analisis lingkungan internal, dan analisis lingkungan eksternal.
• Pembagian tugas, yaitu siapa melakukan apa
• Time Schedule (paralel dan serial)
2. Forecasting (peremalan), peramalan harus bersifat valid yaitu komprehensif, tidak cateris paribus (statis), dan menggunakan skala prioritas.
3. Information. Informasi harus menggunakan 5W1H (What, Why, When, Where, Who, and How). Didalam 5W1H terdapat juga :
• Investor (profit dan sosial berupa CSR)
• Kreditor
• Manajemen, berupa pengambilan keputusan dan time schedule (sarana, biaya, dan SDM)
• Pemerintah dan Masyarakat
• Tujuan pembangunan ekonomi
4. Evaluasi, berupa pertanggung jawaban iya atau tidak yang harus komprehensif karena didalamnya mengandung sebuah resiko dan finansial berupa waktu nilai uang (TVM) yang beresiko inflasi.
5. Research, dengan menggunakan metode ilmiah, valid, dan etika.
Komponen- komponen dalam Bisnis
Dalam Bisnis terdapat komponen- komponen yang menggambarkan sebuah siklus triangel yang biasa di berikan simbol dengan P1, P2, P3, dan P4.
P1 adalah Pasar. Didalam P1terdapat :
• Permintaan vs penawaran. Jika permintaan naik penawaran turun dan jika permintaan turun penawaran naik.
• Daya beli, dan
• Marketing mix. Dalam marketing mix terdapat pula :
a. Produk (Product), terdapat tiga jenis produk yaitu massive (dibutuhkan orang banyak), ekslusif (orang- orang tertentu), dan supplement (produk utama).
b. Harga (Price), didalamnya terdapat unit cost, BEP (Break Even Point), dan strategi harga (pesaing utama, penetrasi, dan STP)
c. Tempat (Place), didalamnya terdapat harga dan aksesbilitas
d. Promisi (Promotion), dapat berupa iklan (cetak, elektronik, dll), personal sale (penjualan pribadi)
e. PR (Public Relation)
f. Kekuatan (Power)

P2 adalah Perusahaan atau Lembaga
Didalam sebuah perusahaan atau lembaga akan terdapat :
• Modal (capabilitas) yang bisa bersumber dari Bank, kredit, investasi, bursa saham, modal sendiri, dll.
• SDM (Sumber Daya Manusia) yang terdiri dari kualitas dan kuantitas.
• Visi Bisnis, berupa Deferensiasi yaitu penyesuaian dan pengembangan.
• Organisasi, jika organisasi berbentuk birokrat waktunya lama, jika berbentuk perusahaan maka akan mudah melakukan perubahan.
P3 adalah Pesaing, yang berupa :
• Marketing Research yaitu metode ilmiah
• Marketing Intelegent yaitu Spionase
P1, P2, dan P3 akan membentuk triangel yang akan menjadi faktor P4 yaitu Perubahan yang didalamnya harus memiliki waktu (Timing) dan bersifat terbuka yaitu mrngakui adanya perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar